Jumat, 11 April 2008

Customer Relationship Management (CRM)

Apakah yang dimaksud dengan CRM?
CRM adalah suatu strategi atau cara yang digunakan untuk lebih mengetahui lebih banyak tentang kebutuhan dan perilaku antara produsen dengan konsumen. Adapun dengan istilah lain CRM dapat difenisikan sebagai suatu bentuk proses yang akan membantu membawa secara bersama-sama kumpulan informasi tentang pelanggan, penjualan efektifitas pemasaran serta kemampuan dan kecenderungan pasar.
Aplikasi CRM sangat meningkatkan mutu dari layanan jasa di dalam suatu perusahaan jasa maupun manufaktur. Titik kunci dari keunggulan CRM sendiri adalah dapat dengan cepat pengumpulan dan penyajian serta penyampaian data informasi yang dinamis melalui dengan berbagai cara secara langsung seperti: memberitahukan, mengirimkan daftar pertanyaan ke pelanggan, menelpon pelanggan, dan lain-lain.
Bagaimana Fungsi CRM?
Pada umumnya, fungsi CRM sebagai berikut:
1. Memperkenalkan filosofi dan strategi yang memusatkan pada kepuasan pelanggan
2. Optimizing kerangka organisasi manajemen
3. Pembentukan suatu high-efficient sistem administrasi dan sistem komunikasi
4. Meningkatkan kemampuan pada pengembangan dan memasarkan produk jasa atau manufaktur baru
5. Peningkatan prestasi kerja staff.

Keuntungan-keuntungan dengan menggunakan CRM
Keuntungan-keuntungan dengan pengimplementasian dari CRM adalah sebagai berikut:
1. Sistem Bantu Pengambilan Keputusan
2. Operasi Bisnis Kecerdasan/Inteligen
3. Pelanggan Pemasaran Hubungan dan
4. Kendali Resiko Dan Penimbangan Prestasi.

Di dalam pasar kompetisi dan pengembangan CRM itu sendiri dewasa ini sedang terjadi dua jenis pengarahan untuk pelanggan diantaranya:
1. Satu jenis pelanggan harapkan untuk menangani bisnis pada waktu yang sama mereka mengharapkan untuk mencari-cari penyedia jasa atau layanan yang lebih baik
2. Jenis pelanggan adalah yang mandiri, yang mencoba untuk menemukan dan mengetahui bagaimana cara memilih paket investasi yang terbaik melalui suatu produk atau jasa.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda